Dampak Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi di Indonesia



     Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi, perekonomian suatu negara mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal.

     Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

Dampak Positif Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi :

1.      Pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.
2.      Terjadi industrialisasi.
3.      Meningkatnya produktivitas dunia industri. Kemajuan teknologi akan terus mengingatkan produktivitas industri baik itu industri teknologi dan aspek produksi.
4.      Berkembangnya Online Business (E-commerce)
5.      Kemajauan ekonomi dalam bidang kedokteran mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
6.      Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas, karena pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu.
7.      Sebuah bisnis ICT atau yang lebih dikenal lagi sebagai e-commerce dapat mempermudah melakukan transaksi bisnis sebuah perusahaan atau individu.
8.      Penggunaan yang sangat luas dari ICT dan dapat menciptakan terus lapangan kerja.

Dampak Negatif Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi :

1.      Hal ini sangat penting karena sering terjadi sebuah pembobolan oleh lembaga-lembaga atau suatu rekening perorangan yang bisa mengakibatkan kerugian yang besar.
2.      Canggihnya suatu teknologi informasi dan komunikasi berdampak dalam banyaknya kasus penipuan dalam perdagangan online.
3.      Perlawanan Membeli Online. Untuk orang awan yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa canggung ketika mereka harus bertransaksi tampa tetap muka atau melihat si Belum lagi rasa takut jika pembayaran tidak dikirim atau diterima. Atau barang tidak terkirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tidak diterima.
4.      Walaupun sistem administrasi sebuah lembaga pendidikan ibaratkan sebuah sistem tampa celah, akan tetapi jika terjadi sesuatu kecerobohan dalam menjalankan sebuah sistem tersebut akan terjadi kerusakan sebuah sistem.
5.      Saling menghujat di media sosial karena pengambilan foto-foto testimony atau foto-foto produk yang dijual tampa izin.
6.      Cybercrime: cybercrime yaitu sebuah kejahatan yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan sarana internet di dunia maya.
7.      Hacking: hacking adalah suatu usaha untuk memasuki sebuah jaringan dengan tujuan untuk mencari kelemahan sebuah system jaringan tersebut. Seperti hacking pada mediasosial yang sering terjadi sebagai sarana untuk jual beli online sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi penjual atau pembeli.
8.      Cracking: Cracking adalah usaha untuk memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud untuk mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan di dalam jaringan tersebut.

Demikianlah dampak positif dan negatif dari Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi di Indonesia

Source:




Dampak Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi di Indonesia Dampak Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi di Indonesia Reviewed by Jordan on 6:29 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.