Kenakalan Remaja dan Cara Mengatasinya

NAMA : JORDAN DISTILINGGA


KELAS : 1 IA 13
NPM : 53417078 


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

2017


KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penyusun sehingga penyusun dapat menyelesaikan Makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini penyusun membahas Kenakalan Remaja dan Cara Mengatasinya. Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, penyusunan makalah ini pun direkomendasikan untuk Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar.
Mengingat keterbatasan pengalaman dan kemampuan yang penulis miliki, maka dengan kerendahan hati penulis memohon kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak guna perbaikan penulisan makalah berikutnya. saya mengharapkan semoga makalah ini berguna, khususnya bagi bagi pembaca.
Depok, 28 November 2017
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah   
   
Masa remaja erat kaitannya dan sering sekali dihubung-hubungkan dengan yang namanya kenakalan remaja. Masa remaja secara umum merupakan peralihan transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Sebenarnya kenakalan remaja itu timbul akibat dari ketidak mampuan anak dalam menghadapi perubahan perkembangan remaja yang harus dipenuhi. Jika tidak diwaspadai, perubahan-perubahan yang terjadi itu akan berdampak negatif pada remaja.

1.2  Rumusan Masalah 


1.     Apa itu kenakalan remaja ?
2.     Apa saja jenis kenakalan remaja?
3.     Apa penyebab kenalakan remaja ?
4.     Bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja ?


1.3 Tujuan Penulisan


1.      Untuk mengetahui apa itu kenakalan remaja
2.      Untuk mengetahui apa saja jenis kenakalan remaja
3.      Untuk mengetahui penyebab kenakalan remaja
4.      Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja
 

BAB 2 
PEMBAHASAN

Masa remaja erat kaitannya dan sering sekali dihubung-hubungkan dengan yang namanya kenakalan remaja. Masa remaja secara umum merupakan peralihan transisi dari masa kanak-kanak ke masa remaja. Sebenarnya kenakalan remaja itu timbul akibat dari ketidak mampuan anak dalam menghadapi tugas perkembangan remaja yang harus dipenuhi. 

Pada masa remaja banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri anak, baik segi psikis maupun fisiknya. Dalam segi psikis bayak teori-teori perkembangan yang memaparkan ketidakselarasan, gangguan emosi dan gangguan perilaku sebagai akibat dari tekanan-tekanan yang dialami remaja karena perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya maupun akibat perubahan pada lingkungan. Jika tidak diwaspadai, perubahan-perubahan psikis yang terjadi sebagai tugas perkembangan remaja itu akan berdampak negatif pada remaja.

2.1. Pengertian Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya
Terdapat beberapa definisi kenakalan remaja yang telah disebutkan oleh para ahli, meliputi :
1. Mussen
Kenakalan remaja merupakan suatu bentuk perbuatan yang melanggar hukum yang dilakukan oleh mereka yang memiliki rentang usia 13-18 tahun, dimana jika perbuatan tersebut dilakukan oleh orang dewasa, maka akan mendapat sanksi hukum.

2. Simanjuntak
Kenakalan remaja ialah suatu perbuatan-perbuatan melanggar hukum, dimana perbuatan tersebut tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat tempat ia hidup. Kenakalan remaja juga dapat diartikan sebagai perbuatan anti sosial yang memiliki unsur-unsur anti normatif.

3. Kartono
Kenakalan remaja sebagai suatu gejala patologis yang dilakukan oleh remaja sebagai akibat dari pengabaian sosial, sehingga mereka akan mengembangkan suatu bentuk perilaku yang menyimpang

4. Hurlock
Kenakalan remaja ialah tindakan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh remaja, dimana tindakan tersebut dapat memasukkan seseorang ke dalam penjara

5. Santrock
Kenakalan remaja merupakan kumpulan berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial, sehingga menimbulkan perbuatan criminal

6. Conger dan Dusek
Kenakalan remaja adalah bentuk perbuatan yang dilakukan oleh seseorang yang berumur dibawah 18 tahun, dimana perbuatan tersebut dapat dikenai sanksi atau hukuman

2.2. Jenis Kenakalan Remaja

Terdapat berbagai macam bentuk atau jenis kenakalan yang dilakukan oleh para remaja. Apalagi memasuki era yang serba modern ini, dengan berbagai budaya luar yang masuk dan mempengaruhi pola hidup remaja Indonesia.
Adapun jenis-jenis kenakalan remaja, diantaranya:
  • Penyalahgunaan narkota
  • Seks bebas
  • Tawuran antar pelajar

2.3. Penyebab Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja itu terjadi karena beberapa faktor, bisa disebabkan dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).

1. Faktor Internal

  • Krisis identitas: 
Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.

  • Kontrol diri yang lemah: 
Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.

2.4. Faktor Eksternal

  • Keluarga dan Perceraian orangtua 
tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.

  • Teman sebaya yang kurang baik
Dengan memilikinya teman yang kurang baik, pasti kita akan ikut menjadi kurang baik juga. jadi lebih baik memilih teman yang baik

  • Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.
Dengan kita mengikuti komunitas yang buruk. pasti itu akan berdapak buruk juga pegi remaja tersebut. contohnya saja seperti geng motor. 


D. Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Masa remaja sebagai periode merupakan suatu periode yang sarat dengan perubahan dan rentan munculnya masalah (kenakalan remaja). Untuk itu perlu adanya perhatian khusus serta pemahaman yang baik serta penanganan yang tepat terhadap remaja merupakan faktor penting bagi keberhasilan remaja di kehidupan selanjutnya, mengingat masa ini merupakan masa yang paling menentukan. Selain itu perlu adanya kerjasama dari remaja itu sendiri, orang tua, guru dan pihak-pihak lain yang terkait agar perkembangan remaja di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat dilalui secara terarah, sehat dan bahagia

Berikut beberapa tips cara mengatasi kenakalan remaja :
  1. Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya. 
  2. Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya, dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya, kita sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut.
  3. Remaja hendaknya pandai memilih lingkungan pergaulan yang baik serta orang tua memberi arahan arahan di komunitas nama remaja harus bergaul.
  4. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman-teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.
  5. Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun.


BAB III
PENUTUP 

3.1. Kesimpulan

Jadi, sebaiknya remaja atau anak muda jaman sekarang menjauhi kenakalan remaja yang bersifat merugikan orang lain maupun diri sendiri.

3.2. Saran 




 





Kenakalan Remaja dan Cara Mengatasinya Kenakalan Remaja dan Cara Mengatasinya Reviewed by Jordan on 6:51 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.