Manfaat Email Bagi Generasi Muda

NAMA : JORDAN DISTILINGGA

KELAS : 1 IA 13
NPM : 53417078 

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

2017

KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penyusun sehingga penyusun dapat menyelesaikan Makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini penyusun membahas Manfaat Email Bagi Generasi Muda. Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, penyusunan makalah ini pun direkomendasikan untuk Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar.
Mengingat keterbatasan pengalaman dan kemampuan yang penulis miliki, maka dengan kerendahan hati penulis memohon kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak guna perbaikan penulisan makalah berikutnya. saya mengharapkan semoga makalah ini berguna, khususnya bagi bagi pembaca.
Depok, 11 November 2017
                                   Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah      
Electronic Mail merupakan kepanjangan dari email yang memiliki arti surat elektronik. Secara garis besar email berguna untuk menjadi sarana mengirim pesan atau surat melalui jaringan internet. Keunggulan menggunakan email adalah dari segi waktu yang cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan tugas tugannya (dokumen), agar dokumen yang  dikirim itu bisa sampai ke tujuan.

1.2  Rumusan Masalah 

1.      Apakah manfaat email bagi generasi muda?
2.     Apa saja jenis jenis email?
3.      Apa manfaat email bagi mahasiswa?
4.      Bagaimana email bagi pelajar dalam menunjang proses pembelajaran?


1.3 Tujuan Penulisan

1.      Untuk mengetahui manfaat email bagi generasi muda
2.      Untuk menjelaskan email bagi pelajar dan menunjang proses pembelajaran
3.      Untuk mengetahui mengapa lebih baik menggunakan email.
4.      Untuk mengetahui manfaat email bagi mahasiswa 
 

BAB 2
PEMBAHASAN

Electronic Mail merupakan kepanjangan dari email yang memiliki arti surat elektronik. Secara garis besar email berguna untuk menjadi sarana mengirim pesan atau surat melalui jaringan internet. Keunggulan menggunakan email adalah dari segi waktu yang cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan tugas tugannya (dokumen), agar dokumen yang  dikirim itu bisa sampai ke tujuan.

Pada saat ini peran adanya Email memang sangat penting, tidak hanya gratis, email juga bisa digunakan kapan dan dimana saja asalkan ada koneksi internet. Karena kemudahan itulah Email sangat penting dan sudah menjadi pilihan utama untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat keseluruh dunia dalam waktu yang cepat dan dengan biaya yang murah pula. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan atau membuka email tersebut. 

Pada saat ini email terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1.       1. POP mail (e-mail berbasis POP) 

      E-mail nernasis POP (Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Pada server POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki akun di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Senaliknya saat pengguna ingin mengirimkan e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2.       2. Web based mail (e-mail berbasis web) 

      Web based mail adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dan lain-lain. Kelebihan web based mail adalah biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Selain itu, kita juga dapat mengecek e-mail dari mana saja. Kekurangan dari jenis e-mail jenis ini adalah pembacaan e-mail hanya dapat dilakukan pada kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Meskipun demikian, beberapa website penyedia jasa layanan e-mail disertai dengan fasilitas POP3.

3.       3. E-mail forwarding 

      E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat untuk orang-orang yang suka berganti-ganti alamta e-mail. Kelebihan e-mail forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu memberi tahu alamat e-mail yang baru. Cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya. Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat yang lain. E-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia surel penerima → mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si penerima

Jadi kita bias lihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkripsi) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain)

Struktur alamat surel, sebagai contoh:

Jordandst24@gmail.com

Keterangan:
  •  Jordandst24     : Nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
  •  Gmail.com       : Nama mailserver tempat pengguna yang dituju



2.1. Email Bagi Pelajar Dalam Menunjang Proses Pembelajaran


       Dalam era yang modern ini email merupakan sesuatu yang tidak asing bagi kita lagi, karena email merupakan kebutuhan kita dalam mengirimkan sutu file atau dokumen. Dalam perose pembelajaranpun saat ini sudah banyak memanfaatkan email sebagai sarana dalam mengirimka tugas tugas. Contohnya saja bagi mahasiwa mahasiwa dalam mengirimkan tugas tugasnya kepada dosennya.

Banyak pelajar yang terbantu dengan adanya email. Berikut 7 manfaat email bagi pelajar, antara lain :


1.Sarana Bertukar Informasi

Ketika kamu sebagai pelajar, mungkin kamu akan kesulitan untuk mengerjakan tugas. Dan salah satu cara untuk bisa mengerjakan tugas tersebut adalah dengan bertanya kepada seorang yang ahli. Jadi email bisa menjadi media yang tepat untuk bisa saling bertukar informasi.

2.Dapat Mengerjakan Tugas Dimana Saja Karena Tidak Terikat Dengan Tempat

Sebagian sekolah sudah menerapkan tugas-tugas muridnya untuk dikirim melalui email. Hal ini bisa menjadi suatu hal yang baik untuk para pelajar. Banyak para pelajar yang tidak bisa mengerjakan tugas di suatu tempat saja. Jadi mereka bisa mengerjakan di tempat yang dapat meningkatkan kosentrasi mereka, seperti perpustakaan, taman, kafe dan lain sebagainya.

3.Akses dunia pendidikan yang semakin luas

Bagi pelajar yang ingin mendapatkan ilmu di luar dari kegiatan sekolah. Internet merupakan salah satu sumber ilmu yang mudah kamu dapatkan. Namun untuk bisa mengakses semua itu, kamu harus mempunyai email. Sebagian situs-situs memang mengharuskan untuk register dahulu untuk bisa mengakses berbagai artikel atau jurnal ilmiah online.

4.Menghemat biaya karena tugas tidak perlu memerlukan kertas

Mungkin bagi sebagian pelajar yang memiliki uang saku yang cukup rendah. Dengan adanya tugas menggunakan email akan meringankan beban mereka. Karena tugas-tugas yang mengharuskan untuk dicetak memerlukan biaya yang tidak murah. Dan untuk para guru pun tidak perlu melihat mejanya berantakan karena banyaknya tugas para muridnya yang bertumpuk di meja. Dengan email tugas-tugas akan tersimpan rapi.

5.Sarana pengiriman dokumen

Biasanya para pelajar kesulitan untuk mengirim dokumen-dokumen yang dapat mendukung tugasnya. Sering kali mereka menggunakan flash disk untuk memindahkan dokumen yang ada. Namun tidak semua pelajar memiliki flash disk. Sehingga terkadang mereka harus repot meminjam kepada teman yang mempunyai flash disk.

Dengan menggunakan email, kamu tidak perlu repot untuk meminjam flash disk. Karena dengan menggunakan email kamu bisa mengirimkan dokumen yang kamu butuhkan.

6.Media pembelajaran yang efektif

Mungkin banyak para pelajar yang sudah jenuh dengan metode pelajaran yang bisa dibilang monoton. Dengan menggunakan email bisa jadi salah satu cara agar para pelajar tidak bosan dalam belajar. Dan juga terkadang ada sebagian pelajar yang merasa tidak adil dalam penilaian tugasnya. Karena biasanya mereka yang mengerjakan tugas terlambat dengan mereka yang mengerjakan tugas tepat waktu tidak memiliki perbedaan signifikan dalam penilaian.

Mungkin sang guru tidak tahu bahwa ada yang mengumpulkan diluar batas waktu yang sudah disepakati. Namun dengan menggunakan email, tugas yang masuk akan tercatat waktunya. Seorang guru akan bisa melihat jam dan tanggal tugas yang dikirim. Sehingga murid yang rajin dalam pengerjaan tugas bisa terlihat jelas di email.



2.2.Manfaat Email Bagi Mahasiswa

Email merupakan hal penting untuk komunikasi dalam zaman modern ini, dan terutama bagi para mahasiswa. E-mail fungsi dasarnya adalah untuk komunikasi jarak jauh. Bedanya dengan metode komunikasi lain, dengan email kita bisa mengirim gambar, foto, video, atau dokumen dengan cepat dan mudah. Sementara itu, penggunaan email dalam konten pendidikan antara lain diimplementasikan dalam pembuatan materi pembelajaran dan penyampaian materi sehingga mahasiswa dapat langsung mendapatkan materi kuliah dengan cara mendownloadnya.

Dalam pengamatan rata-rata mahasiswa yang sudah menggunakan internet mempunyai alamat email sendiri. Alamat email mahasiswa itu semuanya bebas biaya seperti Gmail atau hotmail yang terkenal. Karena Gmail lebih simple dan lebih gampang untuk dimengerti dibandi Hotmail yang lain.

Dengan email kerjasama antar pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Kini berbagai hal tesebut dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan surat elektronik (email). Selain itu, email juga efisien untuk mengirim lembar dokumen dalam jumlah banyak tentu akan memakan banyak biaya dan waktu jika dokumen harus dicetak dulu dan dikirim lewat paket pos biasa.Misalnya saja untuk mengirim tugas kepada dosen.

BAB 3
PENUTUP
     3.1.  Kesimpulan   
       Email memang sangat penting, tidak hanya gratis, email juga bisa digunakan kapan dan dimana saja asalkan ada koneksi internet. Karena kemudahan itulah Email sangat penting dan sudah menjadi pilihan utama untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat keseluruh dunia dalam waktu yang cepat dan dengan biaya yang murah pula. Biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan atau membuka email tersebut. Dengan email kerjasama antar pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Jadi email sangan bermanfaat bagi generasi muda.
  
     3.2. Saran
      Sebaiknya Email lebih dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, kanra penggunaan email lebih efektif dalam bidang pendidikan. Jadi penggunaan email lebih bermanfaat dan berguna. Karena tidak memakan waktu yang lama untuk mengirimnya


Referensi :


 

Manfaat Email Bagi Generasi Muda Manfaat Email Bagi Generasi Muda Reviewed by Jordan on 4:58 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.