Penghasilan Youtuber



YouTuber kini jadi salah satu profesi yang menarik. Menawarkan konten yang menghibur dan kreatif, membuat sebuah channel YouTube digemari dan di-subscribe banyak orang. Perkembangan Youtuber di Indonesia tak kalah dengan di luar negeri, dengan konten yang beragam. Sejumlah nama pun dikenal di kancah YouTube lokal dan punya pasar dan penggemarnya masing-masing. Terbukti banyak banget youtuber asal indonesia yang bermunculan dan mulai bangkit memberikan konten-konten untuk disajikan di youtube, banyak sekali macam-macam youtuber, ada yang membuat konten lucu seperti parody ada youtuber gaming, dan masih banyak lagi yang lainnya termasuk video vlogging.


Sejak tahun 2015 kemarin sampai sekarang tahun 2016 banyak sekali creator-creator handal bermunculan hingga sampai menjadi youtuber indonesia yang menjadi terkenal. Sebenarnya menjadi terkenal di youtuber itu adalah hal mudah dan masalah waktu saja, dengan konsisten memberikan konten yang berkualitas dan menghibur secara cepat atau lambat pasti akan memberikan hasil yang baik, seperti bisa mendapatkan subscriber yang banyak dan view yang banyak juga.
Pertanyaannya "Berapakah penghasilan atau uang yang bisa didapatkan melalui YouTube ?"
Pertanyaan tersebut seolah-olah menjadi sebuah misteri yang sulit untuk dijawab. Mengapa demikian ? Karena penghasilan dari YouTube diperoleh dari iklan adsense. Iklan Adsense sendiri merupakan produk advertising network dari Google yang nilai keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor .Faktor penentu pendapatan dari Youtube melalui iklan Adsense itu ada banyak . Penghasilan dari Youtube tidak hanya berdasarkan jumlah view dan jumlah klik pada iklan yang tampil pada video youtube , melainkan juga berdasarkan negara , topik / niche dan harga iklan itu sendiri .

Baiklah yang pertama akan dibahas pendapatan melalui viewers


Viewer juga bisa menentukan berapa Dollar yang kita peroleh dari video yang kita Upload. Misalnya, video Lele Pons diatas mempunyai 7,773,022 views maka kisaran penghasilan yang didapatkan dari 7,773,022 views itu bisa diperkirakan $2,331.91, nilai tersebut didasarkan pada kisaran RPM dari $0.13 sampai $0.30, jika di rupiahkan maka jumlahnya sekitar Rp. 31.562.477
RPM kependekan dari Revenue per Thousand Impressions yang artinya pendapatan per seribu impresi. RPM yang di peroleh antara $0.13 sampai $0.30, tergantung dari wilayah, jenis konten iklan, Jenis iklan dan jumlah subscriber

https://youtubemoney.mes.fm/


Youtuber indonesia tidak kalah dari youtuber luar, karna youtuber indonesia banyak juga membagikan video video yang bermutu. Berikut adalah 10 YouTuber Indonesia (channel perorangan dan kelompok) paling populer dan penghasilannya berdasarkan data Socialblade.com:




Hal Pentingg Yang Memberikan Pengaruh Penghasilan Youtuber

Subscribe
Keuntungan banyak subscriber adalah mudah mendapatkan views, apalagi jika kita membuat konten yang sedang viral, kemungkinan video kita berada diposisi atas pencarian youtube semakin besar, karena itulah mengapa youtuber reuploader banyak mendapatkan views dengan cepat dan berada paling atas dalam pencarian. Semakin banyak views yang kita dapatkan, maka youtube akan menganggap video kita banyak yang menyukai.

Jumlah Klik Pada Iklan di Video
Semakin banyak yang mengklik iklan pada video kita, semakin banyak pula penghasilan yang kita dapatkan. Akan tetapi kalian jangan pernah sekali-kali mengklik iklan yang muncul divideo kalian sendiri, karena itu akibatnya bisa Fatal.

Jenis Dan Tipe Iklan
Jenis dan tipe iklan adalah salah satu faktor paling berpengaruh terhadap pendapatan kita di youtube. Iklan yang memiliki nilai bid yang tinggi tentu saja memiliki nilai cpc atau nilai per klik yang tinggi. Misalnya saja, kita anggap suatu iklan X menawarkan iklannya lewat youtube. Nah iklan X tersebut berani membayar mahal kepada youtube, anggap saja iklan X ini membayar youtube sebesar $0.5 per klik (iklan X membayar $0.5 kepada youtube setiap ada viewer yang melakukan klik pada iklan tersebut). Maka jika iklan tersebut tayang di video milik kita, dan ada viewer yang melakukan klik pada iklan tersebut, kita akan dibayar $0.5, tentu saja setelah terkena potongan atau bagi hasil dengan youtube.

Di youtube, dan inilah mengapa bermain youtube itu menggiurkan, jenis iklan bukan saja CPC atau perklik, tapi ada juga jenis iklan CPM, iklan per seribu tayang. Iklan per seribu tayang artinya, jika iklan tersebut tampil seribu kali di video kita maka kita akan dibayar dengan besaran tertentu, tergantung berapa besar anggaran atau bid yang dibayarkan iklan tersebut kepada youtube. Semakin besar nilai bid, semakin besar pula pendapatan kita. Lalu seberapa besar sih nilai bid setiap iklan? Inilah yang saya katakan sebagai misteri, alias rahasia antara youtube dan advertiser atau pihak pengiklan. 

Watch Time
Selain jumlah viewer, watch time atau lama waktu menonton juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pendapatan kita di youtube. Bagaimana watch time dapat mempengaruhi pendapatan kita? Sebenarnya watch time tidak mempengaruhi pendapatan secara langsung, akan tetapau watch time akan meningkatkan ranking video, sebagaimana halnya dengan jumlah viewer. Jumlah viewer yang sama akan memiliki ranking berbeda, jika salah satu video memiliki watch time yang lebih tinggi.

Misalkan saja ada dua buah video dengan keyword yang sama dan jumlah viewer yang sama, yakni video A dan video B. Kita ibaratkan keywordnya adalah tips memancing. Ketika kita mengetikkan tips memancing di kolom pencarian youtube, video manakah yang akan berada pada ranking pertama? Jawabannya adalah tergantung dari jumlah viewer dan watch time. Dalam kasus ini, video A dan video B memiliki jumlah viewer yang sama, maka yang akan didahulukan adalah video yang memiliki watch time yang lebih tinggi. Misalkan saja video A berdurasi 5 menit, dan kebanyakan menonton video tersebut sampai tuntas, sedangkan video B berdurasi 2 menit dan kebanyakan menonton video tersebut sampai tuntas. Tentu saja, yang akan bercokol di ranking yang lebih tinggi adalah video A. 


Referensi :
Penghasilan Youtuber Penghasilan Youtuber Reviewed by Jordan on 8:10 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.