4.2 Jelaskan dan berikan contoh tentang ruang publik tradisinoal


Ruang publik merupakan cerminan nilai publik dan nilai privat yang tumbuh dalam suatu masyarakat . Pembagian ruang menjadi area publik dan privat merupakan salah satu kunci dalam prinsip pengorganisasian dan pembentukan ruang fisik kota . Pembedaan antara rumah (mewakili area privat) dan jalan (mewakili area publik) seperti yang ditemukan pada kota-kota modern saat ini juga telah ditemukan dalam kota Ur di Mesopotamia lebih dari empat ribu tahun yang lalu. Hal ini mengindikasikan adanya keterkaitan antara pembedaan ruang publik dan privat dengan cara manusia menjalin hubungan satu dengan yang lain. 

 Di era global yang ditandai dengan kemajuan tekonologi informasi, konsep dan gagasan tentang ruang publik yang telah berkembang dan diterapkan secara luas dalam perancangan ruang kehidupan di kalangan masyarakat Barat (Amerika dan Eropa) mengalir deras ke negara-negara lain. Konsep ruang publik Barat tersebut kemudian diadopsi dan diwujudkan di negara-negara lain tanpa memperhatikan kesesuaiannya dengan nilainilai budaya lokal. 
Globalisasi yang di satu sisi mendorong kesadaran seseorang menjadi bagian dari masyarakat global, di sisi lain menumbuhkan pula dorongan untuk lebih melestarikan dan memperkuat identitas nasionalnya. Gejala ini dikenal dengan istilah global paradox . Dalam konteks inilah maka penggalian konsep ruang publik lokal menjadi penting untuk dilakukan.

Ciri ciri ruang public adalah: di taman mini indonesia indah, terdapat berbagai macam pedagang ( seperti pedagang makanan, minuman, prakaian), di gerbang utama para pengunjungnya dipungut bea masuk dan begitu pula di tampat senam yang khusus disediakan. Dengan disediakan berbagai macam fasilitas, aktivitas pengunjung ditempat ini menjadi beragam, meliputi olahraga senam, berjalan jalan mengitari area yang ada dan tidak sedikit yang akhirnya berbelanja.

Source :
Carr, Stephen, et.al.(1992). Public Space.[22-25]
Madanipour.(2003). Public and Private Spaces of the City.  [01-04].
Nasbitt, John.(1995). Global Paradox. The Bigger the world Economy, the More Powerful its Smllest Players


4.2 Jelaskan dan berikan contoh tentang ruang publik tradisinoal 4.2 Jelaskan dan berikan contoh tentang ruang publik tradisinoal Reviewed by Jordan on 7:26 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.