Pemodelan desain grafik

    
     Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membua, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata yakni, Desain, Pemodelan dan Grafik. Kata tersebut memiliki pengertian masing-masing :

Desain
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.

Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang

Grafik
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan.

Desain Grafik
Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi

Unsur unsur yang terdapat pada desain grafik adalah

A. Garis
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).

B. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.

C. Huruf
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.

D. Simbol
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk nyata (dengan detail). 

E. Bentuk Nyata
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda lainnya.

F. Tekstur
Teksture adalah tampilan permukaan dari sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.

G. Ruang
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.

H. Ukuran 
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.

I. Wanra
Dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.

Teknologi yg menggunakan desain dan grafik

     Teknologi Desain Grafis dimulai pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. 
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Contoh Software yang digunakan dalam desain dan grafik :
  1. Coreldraw
  2. Adobe Photoshop
  3. Adobe Illustrator
  4. Adobe Premier, DLL
     Saat ini, komputer grafis menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film dsb. Seperti misalnya dalam laporan cuaca  atau dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi.  Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat mudah dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media seperti laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat-perankat lunak tersebut dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis  2D. Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang  ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.

Website

     Desain website merupakan sebuah pekerjaan dari jasa pembuatan website yang mengkhususkan diri pada pembuatan sebuah halaman website di internet. Orang yang berkecimpung dalam desain website disebut sebagai web desainer. Hasil dari desain website adalah sebuah tampilan website yang harus diakses secara online.

     Cara membuat desain website dan desain grafis pun berbeda. Desain grafis dibuat dengan cara menggambar desain secara langsung melalui aplikasi tertentu. Aplikasi yang digunakan untuk membuat desain grafis sendiri berbeda dengan desain website. Untuk membuat desain grafis, aplikasi yang digunakan adalah seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Indesign, dan lain sebagainya.

    Sedangkan desain website dibuat dengan cara mulai dari melakukan customize tema hingga coding. Para web desainer umumnya menggunakan sejumlah aplikasi dalam membuat website di antaranya adalah HTML, CSS, XHTML, Java Script, dan lain sebagainya. Dan terkadang, web desainer juga perlu membuat desain grafis terlebih dahulu untuk membantu visualisasi desain website yang akan dibuat. Desain grafis ini yang dalam dunia pembuatan website biasa disebut dengan mock up desain.

    Desain website dan desain grafis sama-sama memiliki tujuan dalam proses pembuatannya. Desain website bertujuan untuk mendesain atau menata atau mempercantik sebuah tampilan dari sebuah website yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti company profile sebagai media promosi, atau website toko online yang digunakan untuk tempat penjualan suatu produk.

    Para pembuat desain website dan desain grafis profesional sama-sama mengkhususkan diri pada penggunaan dan pemilihan warna-warna yang baik dan bisa mempengaruhi audiens. Selain itu, mereka juga diharuskan memiliki keterampilan serta kemampuan yang baik agar bisa menyampaikan dan membawa pesan dari suatu produk kepada audiens sehingga audiens mengetahui ada makna apa dibalik suatu produk.

Source :
https://www.tebar.co.id/perbedaan-desain-website-dan-desain-grafis/
http://saraahputi.blogspot.com/2016/10/pengertian-desain-pemodelan-grafis.html
https://nurman-nurhakim.blogspot.com/2010/10/teknologi-desain-grafis.html
http://firstyavishasepti.blogspot.com/2014/11/perkembangan-teknologi-desain-grafis-3d.html




Pemodelan desain grafik Pemodelan desain grafik Reviewed by Jordan on 5:44 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.