3.4 Aplikasi atau software apa yang anda ketahui untuk memproduksi musik digital



Adobe Audition
Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe udition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah.


Audacity
Audacity merupakan program atau perangkat lunak yang dibangun dengan basis Wx Widgets sehingga dapat berjalan pada berbagai sistem operasi. Kabar baiknya Audacity merupakan perangkat lunak pengedit audio yang bersifat open source dalam kata lain bebas dan gratis digunakan oleh siapapun.
Sehingga hal ini menjadi solusi bagi Anda yang belum mampu membeli lisensi dari Adobe Audition, dapat mencoba Audacity sebagai permulaan. Karena fitur-fitur yang ada di Audacity bisa dibilang cukup lengkap, serta ukuran aplikasinya juga tidak memakan tempat terlalu banyak. Sayangnya, antarmuka dari Audacity tidaklah secantik Adobe Audition, malah lebih terkesan kaku untuk masa kini.


FL Studio by Image Line
FL Studio merupakan jenis DAW paling populer saat ini. Karena dianggap memiliki interface yang simple dan user friendly, khususnya bagi pemula. FL Studio sangat memudahkan para beginner untuk mengenal elemen-elemen dalam memproduksi musik elektronik. Karena ia punya standar protokol yang mencakup pitch shifting, correction dan time-stretch dari musik yang kita buat.
Kamu bisa menggunakan MIDI keyboard dan merekam vokalmu dengan menggunakan mikrofon. Setelahnya kamu bisa melakukan mixing dan editing standar sebagai langkah awal dalam mencoba DAW ini.
Atau kamu bisa lebih dulu mencoba memadukan kick, hat, snare dan clap untuk menghasilkan basic beat pertamamu di FL Studio. Software ini juga punya banyak fitur advance yang tentu akan membuat musikmu makin oke. Tapi sebelumnya kamu harus familiar dengan segala fitur, channel maupun efek yang ditawarkan oleh DAW satu ini.
Jangan khawatir akan kesulitan jika menggunakan FL Studio, saat ini ada banyak sekali video tutorial dalam menggunakan FL Studio di situs Youtube. FL Studio juga compatible baik di Windows PC maupun Apple Mac.


3.4 Aplikasi atau software apa yang anda ketahui untuk memproduksi musik digital 3.4 Aplikasi atau software apa yang anda ketahui untuk memproduksi musik digital Reviewed by Jordan on 4:36 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.